Cara Mudah Menulis Berita

cara menulis berita mudah

Anda bingung menulis berita mulai dari mana? Anda bingung apa yang musti di muat dalam sebuah berita? Anda melihat kejadian di jalan tapi bingung bagaimana cara menuliskannya? Itu hal wajar lho. Berikut adalah formula yang sangat mudah untuk menulis berita.

Perkenalkan rumus 5W+1H dimana kalau dipanjangkan menjadi Who, What, When, Where, Why dan How atau dalam bahasa Indonesianya menjadi Siapa, Apa, kapan, dimana, mengapa dan bagaimana.

Sekarang mari kita terapkan ke dalam menulis berita yang sederhana. Misal kita melihat pohon tumbang di Jalan Gatot subroto di denpasar maka tulis seperti ini.

“Petugas kebersihan menggunakan gergaji mesin memotong – motong pohon tumbang pagi ini selasa (21/11/17) di Jalan Gatot Subroto timur Denpasar. Pohon tumbang ini disebabkan oleh karena sebuah truk menabrak pohon dengan kecepatan tinggi.

Truk tanpa muatan mengebut dari arah timur dengan kecepatan cukup tingg, tiba-tiba pengendara motor dari arah berlawanan melebar dan menghalangi truk. Untuk menghindari kecelakan yang bisa menelan korban, pengemudi truk membanding stir dan akhirnya menabrak pohon yang ada di pinggir jalan.”


Link pelatihan Jurnalistik

 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.